Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Monday, April 30, 2018

Pantau Pengumuman SPAN-PTKIN 2018 Besok!


Sumber: SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN yang merupakan kependekan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah mekanisme seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus pada UIN/IAIN/STAIN yang ada di seluruh Indonesia. Jika pada Perguruan Tinggi Negeri kita biasa mendengar istilah SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, maka SPAN-PTKIN adalah bentuk lainnya yang dilaksanakan pada PTN khusus bidang pendidikan Islam.

Pelaksanaan SPAN-PTKIN ini dilaksanakan secara nasional melalui suatu sistem terpadu yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana sebagaimana telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan kegiatan ini sendiri ditanggung oleh Pemerintah, sehingga tidak ada pungutan biaya bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar masuk UIN/IAIN/STAIN.

Prinsip-prinsip pelaksanaan SPAN-PTKIN adalah adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi SPAN-PTKIN di http://span-ptkin.ac.id/, pengumuman serentak hasil seleksi SPAN-PTKIN akan dilaksanakan besok, 1 Mei 2018.

Bagi anda yang telah mengikuti proses seleksi SPAN-PTKIN, dapat memantau terus situs resmi SPAN-PTKIN.

Bagi para peserta seleksi yang lolos, proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang di PTKIN masing-masing bagi yang lulus seleksi akan dilaksanakan pada 22 Mei 2018.

Sementara itu, laman berita Tribun Pontianak merilis informasi jumlah peserta seleksi SPAN-PTKIN yang akan diterima yaitu sebanyak 88.783 peserta. Sebagaimana dikutip dari laman Tribun Pontianak ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin dalam jumpa persnya di Jakarta, Senin (30/4/2018), menyampaikan bahwa total peserta adalah sebanyak 218.449 pendaftar.

Menurut Kamaruddin, pada SPAN-PTKIN tahun 2018 ini terdapat 1.155 program studi (prodi) agama Islam yang dapat dipilih oleh pendaftar.

Nah, apakah anda mendaftar dan telah mengikuti proses SPAN-PTKIN 2018? Jangan lupa ikuti pengumuman resminya besok!


No comments:

Post a Comment