Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Wednesday, May 9, 2018

Ada Perubahan Kebijakan LPDP, Seperti Apa Perubahannya? (Perhatikan juga Jadwal Pendaftaran LPDP 2018!)


Sumber: pixabay.com

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada (8/5) kemarin menyampaikan informasi mengenai adanya beberapa perubahan kebijakan LPDP dalam pemberian beasiswa khususnya untuk Tahun 2018 ini. Perubahan seperi apakah itu?

Berdasarkan informasi yang dimuat di laman resmi LPDP, beberapa perubahan yang dilakukan LPDP tahun ini antara lain: terdapat perubahan daftar perguruan tinggi tujuan beasiswa (Daftar PT luar negeri tujuan beasiswa unduh di sini, Daftar PT dalam negeri tujuan beasiswa unduh di sini), serta dibukanya program baru co-founding oleh LPDP yang memungkinkan masyarakat luas ikut serta dalam pembiayaan beasiswa bersama-sama dengan LPDP.

Dengan skema ini, diterapkan mekanisme cost-sharing antara LPDP dan penerima beasiswa. Biaya yang masuk dalam cost-sharing ini antara lain biaya kuliah, biaya hidup, maupun biaya lain. Menurut LPDP, program ini bertujuan untuk membuka kesempatan lebih luas kepada putra/putri bangsa lainnya untuk dapat mengenyam pendidikan dengan melalui program beasiswa LPDP.

Perubahan lainnya terdapat pada mekanisme seleksi. Seleksi berbasis online assessment yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya kini digantikan dengan Seleksi Berbasis Komputer (SBK). Dengan model seleksi seperti ini para pelamar beasiswa LPDP harus meraih nilai di atas passing grade yang telah ditentukan. Hal ini tentunya bermanfaat untuk mengukur seberapa siap dan dalam pengetahuan calon pelamar beasiswa sehingga presentase kemungkinan penyelesaian studi saat telah menerima beasiswa akan semakin besar.

Selain itu, pada tahun 2018 LPDP menetapkan beberapa Daerah Afirmasi. Penetapan Daerah Afirmasi ini dimaksudkan agar beberapa daerah tertinggal serta daerah yang ada di Papua serta Papua Barat juga mendapatkan kesempatan memperoleh beasiswa pendidikan dari LPDP. Daftar lengkap daerah yang termasuk dalam Daerah Afirmasi tersebut dapat anda unduh dari link di laman resmi LPDP ini.

Perubahan berikutnya dari kebijakan LPDP tahun ini adalah adanya beberapa jenis beasiswa baru. Jenis beasiswa baru tersebut adalah Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, dan POLRI, dan Beasiswa Afirmasi Santri. Untuk beasiswa ini calon peserta wajib diusulkan melalui instansi masing-masing.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan penerima beasiswa LPDP adalah, pada tahun ini peserta yang sudah diterima tidak diijinkan untuk mengganti / pindah Perguran Tinggi maupun pindah Program Studi. Jadi bagi anda yang berniat melamar beasiswa LPDP tahun ini, pastikan Perguruan Tinggi tujuan dan Program Studi tujuan memang benar-benar anda pilih dengan seksama.

Untuk informasi lebih detil, silahkan anda kunjungi pengumuman dari LPDP ini.

Tertarik dengan tips lolos beasiswa LPDP? Cek tips-nya di buku ini! (yes, this is an affiliate link)


No comments:

Post a Comment