Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Wednesday, May 9, 2018

Android P Resmi Diluncurkan, Perubahan Signifikan Apa Saja yang Perlu Anda Tahu?


Sumber: pixabay.com

Hari ini dalam helatan Google I/O tahun ini, Google mengumumkan beberapa fitur terbaru yang akan dibenamkan pada OS Android terbaru, Android P.

Dilansir dari The Guardian, seri Android kali ini akan mendapatkan pembaruan pada fitur navigasi sentuh, dukungan untuk notches display, dukungan Artificial Intelligence (AI) pada smart replies, peningkatan performa baterai, serta penguatan pengaturan privasi dan beberapa peralatan yang berfungsi mencegah terjadinya fenomena kecanduan terhadap smartphone.

Nama final dari seri Android ini sendiri belum diketahui secara pasti. Namun demikian, sebagaimana dikutip dari The Guardian, hampir dapat dipastikan tahun depan landscape platform Android akan banyak berubah.

Lalu, apa saja yang bisa diharapkan oleh para pecinta Android dari Android P?

Pendekatan yang dipakai Google dalam tahap beta testing Android P ini sedikit berbeda dengan pendekatan yang ditempuh Google pada tahun-tahun sebelumnya. Akses beta testing seri Android baru yang pada tahun sebelumnya hanya tersedia untuk handset Nexus atau Pixel, pada kasus Android P tidak lagi berlaku. Dalam tahap beta testing Android P ini, Google bahkan mengundang smartphone pabrikan pihak ketiga untuk menjajal kemampuan Android P.

Pengguna smartphone Android yang memiliki Google Pixel atau Pixel 2, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, atau Essential PH-1 dapat langsung menuju ke laman Android Beta Testing Program untuk mendaftarkan device miliknya. 

Sayangnya, untuk tipe device lainnya sepertinya masih harus menunggu lebih lama sebelum Android P versi masing-masing pabrikan secara resmi disediakan untuk diinstall OTA.

Salah satu fitur tambahan yang juga cukup mencolok adalah penambahan fitur Machine Learning yang berusaha memprediksi apa yang diinginkan oleh pengguna. Sebagai contoh, setelah pengguna menggunakan satu apps, maka Android P akan menampilkan prediksinya mengenai apps lain yang mungkin ingin dibuka oleh pengguna setelahnya.

Namun demikian, mungkin salah satu fitur tambahan yang akan sangat disukai pecinta Android adalah peningkatan performa baterai. Selama ini, banyak pengguna Android yang mengeluh tentang battery life yang pendek, apps yang boros batere dan berbagai keluhan lain seputar batere. Nah, Android P berusaha untuk mengatasi masalah-masalah ini dengan fitur "Adaptive Battery".

Dengan fitur tersebut, konsumsi daya akan secara otomatis menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan apps anda sehari-hari. Tentunya dengan konsumsi daya yang lebih terukur dan adaptif, battery life juga akan meningkat dari biasanya. Berikut ini resume Google I/O 2018 Keynote dari The Verge.



Nah, bagaimana? Anda tertarik menjajalnya?

Sumber: The Guardian




No comments:

Post a Comment