Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Tuesday, May 22, 2018

Gunung Merapi Ditingkatkan Statusnya Menjadi Waspada


Sumber: http://vsi.esdm.go.id/
Hari ini (22/5), status Gunung Merapi kembali dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) oleh Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Menurut pantauan PVMBG, telah terjadi peningkatan terhadap aktivitas letusan freatik yang disertai dengan gempa vulkanik (VT), 1 kali gempa tremor, 12 kali gempa multiphase (MP), 12 gempa guguran, 3 kali gempa letusan, dan 5 kali gempa tektonik. Hal ini terlihat antara lain dari terdeteksinya erupsi freatik serta suara gemuruh dari kawah Gunung Merapi, yang terjadi 3 kali pada tanggal 21 Mei 2018. Kolom erupsi tertinggi yang terjadi pada tanggal 21 Mei terpantau setinggi 1.200 meter.

Berdasarkan data PVMBG, asap solfatara terlihat putih tebal, dengan tekanan gas yang lemah dan tinggi maksimum 25 meter yang terlihat dari Pos Pengamatan Kaliurang.

Suhu pusat kawah sendiri menurut PVMBG naik dari semula <50º C menjadi 85º C.

PVMBG sendiri dalam rekomendasinya menyampaikan peningkatan status Gunung merapi dari Normal menjadi Waspada. Untuk itu, PVMBG menghimbau kegiatan pendakian untuk sementara waktu dapat dihentikan, kecuali pendakian untuk keperluan penelitian dan penyelidikan terkait mitigasi bencana kegunungapian.

Selain itu, area dalam radius 3 Km dari pusat kawah harus dikosongkan dari segala aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB III pun diminta untuk meningkatkan kewaspadaan akan kemungkinan terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Merapi.

Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan mengikuti informasi resmi dari Pemerintah terkait status Gunung Merapi dan upaya mitigasi yang perlu dilakukan. Masyarakat yang ingin mengetahui kondisi Gunung Merapi dari sumber resmi dapat menanyakan ke Pos Pengamatan Gunung Merapi melalui radio di frekuensi 165.075 MHz melalui website www.merapi.bgl.esdm.go.id, atau dapat juga melalui media sosial BPPTKG maupun datang langsung ke kantor BPPTKG di Jalan Cendana No. 15 Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lengkap anda dapat mengunjungi laman resmi PVMBG berikut.


Sumber: http://vsi.esdm.go.id/index.php/gunungapi/aktivitas-gunungapi/2221-peningkatan-status-gunung-merapi-diy-jateng-dari-level-i-normal-menjadi-level-ii-waspada


No comments:

Post a Comment