Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Sunday, May 13, 2018

Ikuti Lomba Menulis Writing Marathon Dikti: Indonesia untuk Citarum Harum!


Sumber: pixabay.com

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan mengadakan lomba menulis yang diberi tajuk Writingthon Dikti: "Indonesia untuk Citarum Harum". Kegiatan ini merupakan suatu acara kepenulisan yang terinspirasi dari event Hackathon (Hacking-Marathon) dimana peserta akan dikarantina dan diberikan waktu terbatas untuk menyelesaikan suatu tantangan menulis. Tema yang diambil dalam event Writingthon kali ini adalah Indonesia untuk Citarum Harum, yaitu penulisan ide dan inspirasi terkait upaya mewujudkan Sungai Citarum Harum sebagai salah satu urat nadi sumber kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini sendiri terdiri dari empat tahap pelaksanaan, yaitu:

  • Tahap Pengiriman Karya: 2 Mei 2018 - 30 Mei 2018
  • Tahap Pengumuman Seleksi: 11 Juni 2018
  • Tahap Writingthon: 28 Juni - 30 Juni 2018
  • Tahap Penerbitan Buku: 10 Agustus 2018
Lalu bagaimana dengan proses pelaksanaanya?

Alur seleksi dalam program kegiatan Writingthon ini dimulai dengan Peserta mengisi formulir dan mengirimkan tulisannya melalui microsite http://bitread.id/writingthondikti. Karya atau tulisan yang dikirimkan dituliskan dengan gaya feature ringan dengan tetap mempertahankan kualitas informasi yang disampaikan, dengan persyaratan teknis: panjang artikel 1.500 - 2.000 kata, dapat disertai ilustrasi foto maupun grafis.

Peserta kegiatan ini disarankan untuk memublikasikan tulisannya di blog atau media lainnya dan membagikan di akun media sosial dengan mention akun Ristekdikti (IG: @ristekdikti), Ditjen Sumber Daya (IG: @ditjensdid), dan Bitread (IG: @bitread_id) dengan tagar #writingthondikti.

Dari seluruh karya yang dikirimkan tersebut panitia akan memilih 20 karya terpilih yang akan diumumkan melalui sosial media dan surel. Peserta yang terpilih dalam kegiatan Writingthon berhak mendapatkan hadiah, transportasi dan akomodasi, sertifikat, dan bukti terbit buku Writingthon Dikti.

Nah. apa saja persyaratan peserta-nya?

Peserta yang dapat mengikuti lomba ini adalah mahasiswa, dosen, tenaga pendidik PTN/PTS, dan peneliti yang dibuktikan dengan CV dan tanda pengenal. Peserta wajib memilih salah satu kategori bidang yang telah ditentukan, antara lain: mahasiswa (lingkungan-sosial/ekonomi), dosen dan tenaga pengajar (ekonomi/humaniora), dan peneliti (kesehatan/teknologi).

Peserta juga wajib memberikan penekanan dalam tulisannya dengan memilih penekanan antara lain: a. Perbaikan dan pelestarian, atau b. Manfaat dan potensi.

Tulisan yang dikirimkan peserta haruslah tulisan yang orisinal. Selain itu tulisan juga wajib menyertakan rujukan atau referensi yang menguatkan tesis/argumentasi penulis. Penulis juga harus teliti terhadap objek tulisan maupun gambar yang disertakan dalam tulisan dan perlu memastikan bahwa tidak terdapat hak cipta atau hak intelektual yang dilanggar. Bagi peserta yang terpilih nantinya juga wajib mengikuti tahapan karantina / Writingthon pada tanggal yang telah ditentukan.

Kabar baiknya, Total Hadiah yang disediakan panitia penyelenggaran dalam kegiatan ini adalah Rp 30 juta. Bagaimana, tertarik berpartisipasi?

Sumber: Ristekdikti



No comments:

Post a Comment