Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Saturday, May 26, 2018

Kabar Gembira, PTN dan PTS di Indonesia Kembali Bisa Akses E-Journal Kemenristekdikti


Sumber: pixabay.com

Kabar baik bagi seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia, pasalnya menurut informasi dari laman resmi Kemenristekdikti, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual kembali berlangganan E-Journal yang dapat diakses oleh PTN dan PTS yang terdaftar.

Layanan ini sendiri merupakan layanan yang gratis/tak berbayar yang memang disediakan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual sebagai bagian untuk semakin meningkatkan pelayanan dan kualitas khususnya pendidikan tinggi di Indonesia.

Menurut panduan akses e-resources Kemenristekdikti, yang dilampirkan dalam informasi tersebut, Kemenristekdikti pada Tahun 2018 ini melanggankan empat paket langgana akses e-journal bagi perguruan tinggi dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). Dengan adanya layanan ini, maka PTN dan PTS maupun LPNK lain yang mendapatkan akses ke layanan ini tidak perlu lagi berlangganan secara tersendiri pada e-journal terkait.

Dengan adanya layanan ini, Kemenristekdikti berharap nantinya terdapat peningkatan baik kualitas maupun kuantitas publikasi ilmiah baik dari kalangan peneliti maupun akademisi di Indonesia.

Pada tahun 2018 ini, kelompok bidang ilmu yang dilanggan e-journalnya terdiri dari tiga kelompok yaitu Kelompok 1 Bidang Ilmu Teknik, Pertanian, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/Sains; Kelompok 2 Bidang Ilmu Ekonomi, Pendidikan, Sosial, Humaniora dan Seni, sementara Kelompok 3 adalah Bidang Ilmu Kesehatan.

Untuk akses yang diberikan pada LPNK, database yang dilanggan juga termasuk Science Direct. Sementara untuk penentu kebijakan di lingkungan Kemenristekdikti dilanggankan juga Scopus dan Web of Science.

Untuk Kelompok Bidang 1, database yang dilanggan yaitu Ebsco Agriculture Plus (Pertanian), Ebsco Computers & Applied Sciences Complete (MIPA), dan Ebsco Engineering Source (Teknik).

Sementara untuk Kelompok Bidang 2, database yang dilanggan adalah Cengage Business and Economics Collection (Ekonomi), Cengage Educational Database (Pendidikan), ProQuest Arts & Humanities (Seni dan Humaniora), Cengage Social Science Collection (Sosial), Cengage Humanities Collection (Humaniora), Cengage Arts Collection (Seni).

Sedangkan untuk Kelompok Bidang 3 yang dilanggan adalah ProQuest Biological Science Database (Kesehatan). Untuk LPNK, database yang dilanggan yaitu meliputi subjek

  • Engineering 
  • Chemical Engineering
  • Agricultural and Biological Sciences 
  • Decision Science
  • Environmental Science 
  • Social Science
  • Energy 
  • Chemistry
  • Earth and Planetary Sciences
  • Biochemistry, Genetics, and Molecular Biology


Sumber: http://risbang.ristekdikti.go.id/pengumuman/panduan-akses-langganan-e-journal/





No comments:

Post a Comment