Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Tuesday, May 8, 2018

Kemenristekdikti Adakan Penjaringan Usulan Program Hibah Bina Desa (PHBD) Tahun 2018


Sumber: pixabay.com

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tahun ini melakukan penjaringan usulan Program Hibah Bina Desa (PHBD) dari berbagai organisasi pengusul dari Perguruan Tinggi. Program ini merupakan program yang salah satunya bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli dan kontribusi mahasiswa guna ikut mengatasi berbagai persoalan maupun pemberdayaan masyarakat desa.

Program Hibah Bina Desa (PHBD) sendiri saat ini berada di bawah koordinasi Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti. Pada tahun ini, kesempatan ini ditawarkan ke berbagai Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun lembaga eksekutif mahasiswa di Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari laman resmi Kemenristekdikti, jumlah proposal yang telah diterima oleh penyelenggara mencapai 325 proposal. Dari jumlah tersebut, setelah melalui tahapan penilaian maka didapatkan sebanyak 126 proposal yang lolos ke Tahap II.

Bagi pengusul yang telah lolos ke Tahap II, pengusul perlu melakukan penyempurnaan khususnya pada muatan pemberdayaan masyarakat sehingga lebih konkrit dan jelas. Selain itu, cakupan wilayah serta jumlah masyarakat sasaran juga perlu dijelaskan secara terperinci. Pengusul juga perlu mempertajam aspek usulan inovasi yang diajukan beserta tahapan-tahapan (milestone) pencapaiannya.

Untuk menjaga agar program dalam berlanjut, pengusul juga diharapkan dapat melakukan stakeholder mapping, termasuk memberikan gambaran mengenai pembagian peran para pemangku kepentingan mulai dari saat program berjalan sampai penanganan selanjutnya setelah program berakhir. Indikator pengukur keberhasilan program juga diharapkan dapat disusun oleh organisasi pengusul sehingga tingkat keberhasilan program dapat diukur dengan jelas.

Dilansir dari informasi yang disampaikan di  laman Kemenristekdikti ini, Tercatat 126 organisasi dari berbagai institusi pendidikan tinggi lolos menuju seleksi Tahap II. Dari 126 pengusul tersebut, beberapa tema proposal cukup menarik antara lain Inovasi Media Coloring Book untuk pemberdayaan penyandang disabilitas tunanetra (BEM Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka); pertanian terpadu dengan memanfaatkan limbah ladang-dapur-kandang (CREB's IPB); pemanfaatan buah mangrove untuk membuat dodol mangrove dan pewarna (UKM Pramuka Politeknik Negeri Cilacap); teknologi irigasi kendi (Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Universitas Samudra), dan puluhan ide menarik lainnya.

Sumber: http://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/05/08/pengumuman-hasil-penilaian-tahap-ii-proposal-phbd-tahun-2018/


No comments:

Post a Comment