Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Thursday, May 17, 2018

Lansekap Teknologi AI di 2018, Google Usung Cloud AutoML, Microsoft Andalkan Gluon


Lansekap Teknologi Artificial Intelligence (AI) di tahun 2018 mungkin akan semakin "gemerlap" dengan beberapa teknologi yang ditawarkan raksasa teknologi informasi seperti Google, Amazon, Microsoft bahkan Baidu. Hal ini salah satunya ditandai dengan peluncuran platform teknologi AI baru, diantaranya sebagaimana yang dilakukan Google dan Microsoft pada penghujung 2017 hingga awal 2018.

Sampai dengan saat ini, lansekap cloud based AI secara umum masih dikuasai oleh Amazon dengan teknologi AWS-nya. Namun di tahun 2018 ini, dua raksasa teknologi dunia yaitu Google dan Microsoft juga menelurkan platform cloud based AI mereka yang sangat mungkin memberikan opsi baru khususnya bagi para developer di seluruh dunia.

Google baru-baru ini meluncurkan platform yang diberi nama Cloud AutoML yang saat ini berada dalam tahap Alpha (tahap yang masih sangat awal dalam pengembangan sebuah platform/framework/aplikasi), yaitu suatu rangkaian produk Machine Learning yang memungkinkan developer dengan keahlian machine learning yang minim untuk melatih model berkualitas tinggi dengan memanfaatkan memanfaatkan sumber daya milik Google dengan teknologi Neural Architecture Search.

Produk yang pertama kali diluncurkan dalam seri Cloud AutoML ini adalah AutoML Vision, yaitu sebuah machine learning servis yang sederhana dan fleksibel yang dapat dimanfaatkan untuk membangun computer vision model sesuai kebutuhan pengguna. Pada seri-seri selanjutnya, Cloud AutoML akan meluncurkan juga berbagai servis machine learning pada berbagai bidang/aspek lainnya.

Sebagaimana kita tahu, banyak aspek atau topik dalam AI atau khususnya machine learning seperti image recognition (termasuk dalam kategori computer vision), Natural Language Processing (NLP) yaitu pemrosesan bahasa, speech recognition, dan sebagainya. Persoalan terkait aspek inilah yang nantinya dapat didekati dengan pendekatan pemecahan masalah dengan teknologi machine learning yang ditawarkan.

Kemampuan Cloud AutoML. Sumber: Google

Sementara itu, Microsoft bekerjasama dengan Amazon AWS menghadirkan teknologi Gluon.  Teknologi Gluon ini nantinya memungkinkan para developer di seluruh dunia mengakses teknologi Deep Learning yang dimiliki Amazon serta Microsoft. Gluon sendiri sebenarnya merupakan library yang dapat diakses untuk memudahkan dalam melakukan tahapan proses machine learning. Library ini memungkinkan pengembang dari semua tingkat keahlian untuk membuat prototipe, membangun, melatih, dan menerapkan model machine learning yang rumit untuk aplikasi cloud, perangkat maupun aplikasi seluler.

Dengan skema pengembangan open source, hal ini semakin memberikan ruang bagi para developer untuk memanfaatkan sekaligus mendorong pengembangan teknologi tersebut.

Karena merupakan hasil kerjasama pengembangan antara Microsoft dan Amazon, referensi spesifikasi yang dikembangkan juga memungkinkan teknologi Gluon ini bekerja dengan berbagai Deep Learning Engine seperti Apache MXNet dan dalam waktu dekat Microsoft Cognitive Toolkit.

Sumber: https://mxnet.incubator.apache.org/gluon/

Dengan Gluon, developer dapat membangun model machine learning dengan memanfaatkan Python API sederhana dan berbagai komponen (pre-built) neural network yang telah dioptimasi.

Untuk mulai memanfaatkannya, developer dapat mengakses laman ini yang berisi manual instalasi instalasi python module apache mxnet yang didalamnya juga terdapat Gluon PythonAPI wrapper. 


Sumber:
https://cloud.google.com/automl/
https://news.microsoft.com/2017/10/12/aws-and-microsoft-announce-gluon-making-deep-learning-accessible-to-all-developers/
 


No comments:

Post a Comment