Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Wednesday, May 16, 2018

Pabrikan HTC akan Segera Rilis HTC Exodus, Ponsel Pintar Berteknologi Blockchain


HTC, perusahaan teknologi yang bermarkas di Xindian, Taiwan baru-baru ini mengumumkan akan merilis jajran device teranyarnya bernama "HTC Exodus". Kabarnya, smartphone baru besutan HTC ini akan membenamkan teknologi Blockchain langsung di dalam ponselnya.

Teknologi Blockchain sendiri merupakan teknologi kriptografi tingkat tinggi (Cryptography technology) yang mulai marak dibicarakan di internet khususnya setelah seorang dengan pseudoname Satoshi Nakamoto mengunggah papernya berjudul "Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System".

Meskipun pada awalnya teknologi ini diterapkan atau diujicobakan pada subjek mata uang digital (cryptocurrency), dalam waktu cukup singkat teknologi Blockchain telah menarik minat berbagai kalangan untuk menggunakannya. Hal ini dikarenakan teknologi ini mampu mengamankan proses transaksi digital dengan adanya penerapan distributed ledger-nya (verifikasi data terdistribusi alih-alih verifikasi data terpusat sebagaimana teknologi tradisional).

Nah, HTC sendiri dalam mengembangkan HTC Exodus memiliki visi memperluas pemanfaatan teknologi keamanan ini dengan menciptakan smartphone pertama yang berbasis teknologi aplikasi dan keamanan yang terdistribusi yang memang merupakan kemampuan utama Blockchain technology.

HTC sendiri dalam laman resminya menyebut HTC Exodus sebagai "Agent of Decentralization".

Untuk mencapai visinya tersebut, HTC membenamkan setidaknya delapan teknologi terkini yang terkait erat dengan fungsionalitas Blockchain. Teknologi ini mencakup Trusted Hardware, the Switzerland of Protocols (bekerja dengan banyak protokol dengan tujuan interoperabilitas antar blockchain), teknologi DApps atau decentralized apps yang dibawa ke ranah mobile, dimana setiap smartphone juga berfungsi sebagai decentralized node (titik desentralisasi), teknologi universal wallet untuk penyimpanan mata uang digital, trusted User Interface (UI), data pribadi pengguna "dikembalikan" lagi ke device (HTC memilih menyimpan data di device ketimbang di cloud dengan tagline "Own your ID, Own your Data" demi keamanan data pribadi dari security breach, serta membawa forum komunitas Exodus ke dalam HTC Exodus.

HTC Exodus. Sumber: https://www.htcexodus.com/

Teknologi yang dibenamkan di HTC Exodus. Sumber: https://www.htcexodus.com/
Namun demikian, HTC sendiri belum memberikan informasi lebih jauh mengenai spesifikasi smartphone canggih ini. Kemungkinan besar, secara hardware terdapat beberapa perubahan khususnya dalam hal kekuatan prosesor ataupun chipset dibandingkan smartphone pada umumnya, mengingat apabila kita amati dalam dunia cryptocurrency mining biasanya ASICs hardware yang digunakan memiliki spesifikasi yang cukup gahar mengingat komputasi pemecahan kode kriptografi memerlukan sumberdaya hardware yang biasanya cukup tinggi.

Selain itu HTC juga tidak memberikan informasi terperinci mengenai kapan ponsel pintar ini akan dirilis di pasar. HTC hanya memberikan semacam pre-order form atau subscribe form di landing pagenya untuk mengumpulkan informasi awal mengenai minat pasar terhadap HTC Exodus ini.

Tentu, salah satu target konsumen yang menjadi sasaran HTC adalah sektor bisnis, keuangan maupun pemerintahan mengingat pentingnya kerahasiaan dan integritas data di tiga sektor tersebut.   

Bagaimana, anda tertarik? Klik di sini jika anda ingin melihat-lihat produk HTC lainnya. (yes, this is an affiliate links)


Sumber: https://www.htcexodus.com/


No comments:

Post a Comment