Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Saturday, June 2, 2018

Tahun Ini, Youtuber Berkesempatan Bergabung dengan Media Center Haji (MCH) Kemenag RI


Sumber: pixabay.com

Menjadi Youtuber akhir-akhir ini merupakan salah satu hal yang banyak dicita-citakan generasi milenial. Tingginya penetrasi internet di Indonesia rupanya turut mempengaruhi gairah publik terhadap konten-konten yang diproduksi dan ditawarkan para Youtuber Indonesia. Jika dicermati, banyak konten menarik dan positif yang dihasilkan para Youtuber Indonesia baik yang ber-genre informatif, edukasi, maupun humor.

Nah, pada tahun 2018 ini ternyata Kementerian Agama Republik Indonesia juga melirik potensi Youtuber di Indonesia dan membuka kesempatan para pekerja informasi ini untuk bergabung dalam tim Media Center Haji (MCH) 1439H/2018.

Berdasarkan keterangan yang ada di laman resmi Kemenag, proses seleksi para calon petugas MCH ini sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak April lalu. Media Center Haji (MCH) sendiri merupakan tim khusus yang dibentuk Kemenag untuk membantu tugas Kemenag RI dalam menyampaikan berbagai informasi khususnya terkait penyelenggaraan layanan ibadah haji bagi para jamaah haji Indonesia di Arab Saudi. Karena dibentuk oleh Pemerintah, maka pembiayaan kegiatan tim ini pun berasal dari APBN.

Kuota calon petugas MCH sendiri berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Kemenag adalah sejumlah 24 orang, dengan perincian 3 orang berasal dari unsur Humas Kemenag Pusat dan Kanwil, 20 orang berasal dari media (televisi, online, cetak, radio), dan 1 orang dari unsur Youtuber.

Persyaratan bagi Youtuber yang akan menjadi petugas MCH pun cukup ketat. Youtuber yang bersangkutan haruslah memiliki akun/channel pribadi atau bukan channel komunitas. Selain itu, subscriber yang dipersyaratkan adalah sejumlah 50 ribu subscriber dengan jumlah penonton minimal adalah sejumlah 2 juta penonton dalam satu bulannya yang wajib dibuktikan dengan screenshot.

Tentu bukan hal yang mudah bagi youtuber biasa. Namun bukan tidak mungkin apabila channel Youtuber yang mendaftar dalam program ini sangat disukai para penonton sehingga banyak mendapatkan subscriber dan juga penonton dalam setiap bulannya.

Syarat lainnya adalah bahwa channel yang didaftarkan merupakan channel bertemakan pendidikan, religi/keagamaan, sosial serta memiliki reputasi yang baik.

Youtuber yang mengajukan diri pun disyaratkan untuk memiliki kemampuan komunikasi, jurnalistik, pengelolaan serta produksi video, dan selama pelaksanaan tugas dilarang mengunggah video dengan tema selain tema penyelenggaraan ibadah haji.


Sumber: https://kemenag.go.id/myadmin/public/data/files/users/5/Pengumuman%20Seleksi%20Calon%20Anggota%20MCH%201439H-2018M.pdf




No comments:

Post a Comment