Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Friday, July 6, 2018

Pemerintah Indonesia Jaring Calon Penerima Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) 2018


Pemerintah Republik Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kali ini kembali membuka kesempatan bagi para dosen atau pengajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk meneruskan pendidikan baik di dalam negeri maupun luar negeri melalui program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) 2018.

Melalui program tersebut, Pemerintah berharap dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan serta mutu dosen pengajar di perguruan tinggi di seluruh Indonesia sehingga kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi serta ilmu pengetahuan dan teknologi maksimal. Selain itu mereka diharapkan juga mampu memberikan jalan keluar yang solutif dan aplikatif untuk menangani berbagai permasalahan bangsa, dan juga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas di masa mendatang.

Program Beasiswa BUDI 2018 | Sumber foto: LPDP

Program BUDI 2018 ini ditujukan bagi para dosen/pengajar perguruan tinggi khususnya dosen yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK).

Program ini tidak diperuntukkan pada program Master, melainkan hanya diperuntukkan untuk mendukung beasiswa pada program doktoral saja baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Komponen beasiswa yang diberikan dalam Program BUDI 2018 mengikuti Peraturan Direktur Utama LPDP terkait besaran biaya dan Standar Biaya Beasiswa yang berlaku. Selain itu, tidak diperkenankan dana double funding alias tidak diperkenankan diterima bersamaan dengan sumber beasiswa lain.

Beberapa hal yang akan dinilai oleh tim seleksi calon penerima beasiswa pada Program BUDI 2018 ini yaitu kemampuan akademik calon penerima beasiswa, kesesuaian kualitas akademik pelamar dengan persyaratan pada perguruan tinggi tujuan, kualitas kaarakter pelamar, serta nilai-nilai nasionalisme dan integritas calon penerima beasiswa.

Proses seleksi beasiswa BUDI 2018 ini sendiri terdiri dari Seleksi Administrasi, Seleksi Berbasis Komputer, Seleksi Substansi, dan Penetapan Kelulusan.

Meskipun pada saat artikel ini ditulis proses pendaftaran untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri telah ditutup, namun untuk perguruan tinggi tujuan luar negeri proses pendaftaran masih dibuka, yaitu mulai tanggal 2 Juli 2018 - 21 September 2018 sekaligus sebagai tenggat waktu pengiriman dokumen persyaratan.

Sementara itu, untuk pengumuman hasil seleksi substansi akan dilaksanakan pada 28 Desember 2018. Untuk informasi lebih detil, silahkan anda menuju ke laman resmi LPDP di sini dan di sini. Sedangkan untuk proses pendaftaran, silahkan menuju ke laman resmi pendaftarannya di sini

Dapatkan buku Jamu LPDP di sini.



No comments:

Post a Comment