Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Saturday, July 21, 2018

Ristekdikti Akreditasi Lebih Dari 2000 Jurnal Ilmiah di Periode I Tahun 2018


Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi baru-baru ini merampungkan akreditasi yang diberikan kepada lebih dari 2000 jurnal ilmiah elektronik di seluruh Indonesia. Jurnal-jurnal ilmiah tersebut dinilai oleh tim akreditasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan tim akreditasi Kemenristekdikti.

Hasil penilaian akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 21/E/KPT/2018, tanggal 09 Juli 2018 yang meliputi daftar jurnal ilmiah elektronik yang diakreditasi dan profil lengkapnya.

Laman SINTA (Science and Technology Index) Kemenristekdikti | Sumber: Kemenristekdikti 


Berdasarkan informasi dari laman resmi Kemenristekdikti, penyerahan sertifikat akreditasi telah dilakukan pada tanggal 17 Juli lalu di Auditorium LIPI di jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. Sedangkan khusus untuk jurnal ilmiah yang terakreditasi dari Perguruan Tinggi dan Asosiasi Profesi, penyerahan sertifikat akreditasinya akan dilakukan bertahap di beberapa kota terdekat.

Akreditasi tersebut memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Pengelola jurnal dimungkinkan untuk mengajukan perubahan peringkat jurnalnya melalui Kemenristekdikti dengan syarat telah menerbitkan satu nomor penerbitan baru setelah tanggal 12 Juli 2018 sesuai Permenristekdikti nomor 9 tahun 2018. Bagi para pengelola jurnal ilmiah yang ingin mengajukan perubahan peringkat ini, dapat mengakses sistem pengajuan akreditasi yang telah disediakan oleh Kemenristekdikti.

Sementara itu, daftar lengkap jurnal ilmiah elektronik yang telah diakreditasi pada masa akreditasi ini juga dapat dilihat pada laman ini.

Download file excel hasil akreditasi jurnal ilmiah elektronik di sini.



No comments:

Post a Comment