Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Tuesday, August 14, 2018

Kontruksi Indonesia (KI) 2018 akan Diselenggarakan Oktober Tahun Ini


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI pada 31 Oktober hingga 2 Nopember tahun ini rencananya akan menggelar perhelatan besar Konstruksi Indonesia (KI) 2018. Bertempat di Jakarta International Expo Indonesia, pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi ajang bertemunya para pegiat dan pelaku bisnis konstruksi di tanah air khususnya untuk berkonsolidasi, bertukar informasi, serta membuka peluang kerjasama dalam mendorong inovasi penerapan teknologi konstruksi di masa mendatang.

Proses konstruksi gedung bertingkat (ilustrasi) | Sumber: pixabay.com / Free-Photos

Sebagaimana dilansir dari berita di laman resmi Kementerian PUPR ini, Sekjen Kementerian PUPR Prof. Anita Firmanti menyampaikan nilai strategis dari kegiatan ini yaitu sebagai "wadah membangun relasi, serta sebagai peluang kerjasama bisnis baru antar pelaku bisnis konstruksi, serta diseminasi dan edukasi pelaku industri konstruksi khususnya yang berpraktik di Indonesia".

Selain itu, salah satu hal yang beberapa waktu belakangan ini disoroti dan akan menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian segenap kalangan di bidang konstruksi adalah mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi. Hal ini mengingat pada beberapa waktu yang lalu terdapat beberapa kecelakaan konstruksi yang cukup menyita perhatian masyarakat hingga skala nasional.

Anita berharap kedepan tidak terjadi lagi kecelakaan kerja konstruksi, dengan penerapan Prosedur Operasi Standar yang ketat dan disiplin dalam penerapan Manajemen K3 Konstruksi. Selain itu, Sumber Daya Manusia yang merupakan tenaga kerja konstruksi juga perlu diperkuat kualitasnya dengan melalui program sertifikasi tenaga kerja konstruksi, maupun ditambah kuantitasnya melalui berbagai upaya pendidikan dan pelatihan tenaga kerja konstruksi di tanah air.

Dalam acara Konstruksi Indonesia (KI) 2018 ini diharapkan dapat melibatkan lebih dari 12 ribu tenaga kerja konstruksi dan menjembatani 300 lebih pertemuan bisnis di bidang konstruksi melalui Global Meetings Programme, serta sertifikasi 7000 tenaga kerja terampil di bidang konstruksi.

Beberapa topik yang akan menjadi fokus pembahasan dalam kegiatan Konstruksi Indonesia (KI) 2018 kali ini antara lain meliputi Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K4), Metodologi dan Teknologi Konstruksi, Green Building, serta Kontrak Konstruksi.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin berharap kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memberikan update perkembangan, pencapaian dan solusi terhadap tantangan yang terjadi di dunia industri konstruksi Indonesia khususnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan umpan balik yang baik bagi para pelaku industri konstruksi nasional.



No comments:

Post a Comment