Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Monday, August 13, 2018

Samsung Galaxy Note 9 Rilis, Apa Saja yang Baru dan Bagaimana Performanya? (Perbedaan dengan Samsung Galaxy S6 S7 S8 dan S9)


Baru-baru ini Samsung merilis seri smartphone andalannya yaitu Samsung Galaxy Note 9. Bagi para Samsung fanboy mungkin sudah pernah mendengar rumor mengenai fitur baru ataupun kapabilitas baru apa saja yang akan dibenamkan Samsung di ponsel pintar andalannya yang dirilis kali ini. Namun demikian, apakah rumor tersebut benar-benar terwujud? Apa saja fitur baru yang ditawarkan Samsung Galaxy Note 9 dan bagaimana performanya?

Samsung Galaxy Note 9 rilis | Sumber: GSMArena.com

Sebagaimana dilansir dari situs terpercaya GSMArena.com, beberapa fitur baru atau penyempurnaan dari fitur sebelumnya yang terdapat di smartphone Samsung  Galaxy Note 9 ini yaitu: ruang simpan dan RAM yang lebih besar, kapasitas baterai yang lebih besar, dan S-Pen yang sedikit banyak telah dikembangkan.

1. Kapasitas Baterai yang lebih besar dan S-Pen terbaru

Meskipun dari segi spesifikasi smartphone terbaru Samsung ini masih mirip dengan Samsung Galaxy S9+, namun seri terbaru ini membawa baterai dengan kapasitas lebih besar, yaitu 4.000 mAh LiPo (sealed). Ini artinya anda dapat bekerja lebih lama ataupun menikmati musik dan video lebih lama di smartphone anda.

Penambahan kapasitas baterai ini juga tetap dilengkapi dengan fitur Adaptive Fast Charging sebagaimana Galaxy S7, S8, dan S9, dukungan terhadap QuickCharge 2.0 dan WPC(Qi) & PMA wireless charging.

Selain kapasitas baterai yang ditingkatkan, ponsel pintar ini hadir dengan pengembangan teknologi pada S-Pen. Meskipun sudah menjadi salah satu ciri khas dari Samsung Galaxy Note, S-Pen terbaru ini memiliki teknologi Bluetooth LE yang memungkinkan stylus terkoneksi secara terus menerus dengan ponsel dalam jarak 10 meter. Dengan hadirnya Bluetooth di S-Pen, darimana energi untuk menjalankannya didapatkan?

Samsung ternyata juga membenamkan kapasitor kecil di dalam S-Pen yang memungkinkan jaringan Bluetooth bekerja selama sekitar 30 menit saat S-Pen tidak berada dalam tempatnya di ponsel. Ini setara dengan sekitar 300 klik. Apabila S-Pen dikembalikan ke slot-nya, stylus ini akan kembali mengisi daya secara otomatis ke dalam kapasitor tersebut.

Dengan hadirnya bluetooth ini memungkinkan S-Pen digunakan juga menjadi tombol shutter kamera ponsel anda, artinya anda tidak harus memegang ponsel anda saat anda sedang selfi atau wefie.

2. Software dan fungsionalitas

Dari sisi software, ponsel pintar ini didukung dengan OS Android 8.1 Oreo dan dilengkapi dengan Samsung Experience 9.0, asisten virtual Bixby, serta Smart Connect dan Smart Connect Home.

Meskipun secara software tidak banyak yang mengalami perubahan, salah satu fitur yang terbaik yang ditawarkan Samsung dalam software yang menjalankan ponsel pintar ini adalah adanya Secure Folder khas Samsung. Folder yang terenkripsi ini yang diperkuat dengan Knox security platform ini adalah salah satu ruang simpan digital teraman yang ada di lingkungan android device. Jadi tidak heran jika ponsel pintar ini cocok bagi anda para pebisnis tulen.

3.  Kinerja

Dari sisi kinerja, sayangnya perubahan yang ada bukanlah perubahan yang sangat signifikan, alias hanya peningkatan yang sedikit saja. Apabila melihat perangkat kerasnya saja, hardware yang digunakan tidak berbeda jauh dengan Galaxy S9+.

Namun demikian, terdapat opsi RAM hingga 8 GB dengan 512 GB ruang penyimpanan onboard. Sementara untuk model basic-nya ruang simpan yang ditawarkan saat ini adalah 128GB yang semakin memanjakan pengguna yang membutuhkan ruang simpan yang besar.

Ini masih ditambah juga dengan microSD slot yang mampu membaca kartu dengan kapasitas hingga 512 GB. Ruang yang cukup besar bukan? :)

Sumber: GSMArena.com


No comments:

Post a Comment