Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Loading...

Sunday, August 12, 2018

Senin Besok Kemenristekdikti Adakan Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD) Tahun 2018


Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti pada Senin depan (13/8) akan adakan Simposium Cendekia Kelas Dunia Tahun 2018. Menurut laman resmi Kemenristekdikti ini, Kegiatan ini sejatinya merupakan kegiatan rutin tahunan yang merupakan lanjutan dari kegiatan serupa pada tahun sebelumnya, SCKD 2017. Tahun ini, Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti dikabarkan telah menyeleksi sebanyak 460 peserta yang berhak mengikuti acara tersebut.

Simposium (ilustrasi) | Sumber: pixabay.com / Free-Photos

Kegiatan SCKD 2018 yang merupakan Seri II ini rencananya akan diselenggarakan di Bali, dari tanggal 13 sampai dengan 14 Agustus 2018. Dalam kegiatan ini kabarnya juga akan diundang sebanyak 44 Profesor dan Ilmuwan Diaspora Indonesia yang akan berbagi dan berkolaborasi dalam mendorong perkembangan Iptek di Indonesia.

Pada Simposium SCKD kali ini, peserta akan dikelompokkan ke dalam 8 (delapan) kelompok bidang peminatan, yaitu: 1) Identitas, Keagamaan, dan Budaya, 2) Kepulauan, Kelautan, dan Sumber Daya Hayati, 3) Kehidupan, Kesehatan, dan Nutrisi, 4) Air, Pangan, dan Energi, 5) Bumi, Iklim, dan Alam Semesta, 6) Bencana dan Ketahanan Masyarakat Terhadap Bencana, 7) Material dan Sains Komputasi, serta bidan peminatan 8) Ekonomi, Masyarakat dan Tata Kelola.

Acara ini menurut jadwal akan dibuka oleh Menristekdikti Mohammad Nasir, serta akan menghadirkan 3 (tiga) Keynote Speaker yaitu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Selain itu juga akan ada Sharing Session yang akan disampaikan oleh Kedubes India, Kedubes Vietnam, serta para peserta simposium.

Sedangkan pada hari ke-2 simposium ini dijadwalkan akan ada kuliah umum yang akan disampaikan oleh Profesor Sangkot Marzuki (Presiden Akademi Ilmpu Pengetahuan Indonesia/ AIPI) serta Profesor Ali Ghufron Mukti selaku Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti. Selain itu, pada hari kedua simposium ini juga akan diisi pemaparan mengenai Potensi Pendanaan Riset oleh Instansi Swasta/Filantropi yang akan disampaikan oleh pembicara dari Tahir Foundation.




No comments:

Post a Comment