Portal Pengumuman

Pengumuman, Event, Beasiswa Pendidikan, Event Olahraga, Teknologi Terbaru, dan berbagai informasi terkini lainnya.

Friday, April 19, 2019

Temukan Motif Batik Favoritmu di Gelar Batik Nusantara 2019!


Batik merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang telah terkenal di seluruh dunia karena keunikannya. Bahkan, UNESCO telah menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya dunia dikarenakan kekayaan simbol dan filosofi makna di dalamnya.

Gelar Batik Nusantara 2019 (sumber: gelarbatiknusantara2019.com)

Untuk semakin memperkuat penetrasi batik di pasar dunia, Yayasan Batik Indonesia kembali mengadakan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 Mei hingga 12 Mei 2019 di Jakarta Convention Center (JCC).

Event ini merupakan event yang ke-11 dari event-event serupa yang telah digelar Yayasan Batik Indonesia sejak 1996 lalu.

Dalam perkembangannya, kerajinan batik telah mengalami berbagai pengembangan khususnya corak yang beragam mengikuti karakteristik wilayah di Indonesia.

Perhelatan Gelar Batik Nusantara yang kali ini mengangkat tag line "Lestari Tak Berbatas" ini merupakan upaya promosi yang terus menerus akan kekayaan batik nusantara.

Sebagai sebuah seni kerajinan yang menjadi warisan budaya leluhur, batik telah menjadi identitas fashion dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, tidak sedikit penggemar batik yang berasal dari luar negeri.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi penyelenggara kegiatan ini, Pemakaian batik sebagai busana sehari-hari telah menjadi bagian dari suatu "fashion statement" para pemakainya.

Batik tidak lagi terkesan monoton, kuno, dan tua. Kini kita banyak temukan kreasi fashion yang berbahan dasar batik yang sangat menarik, modern, dinamis, dan tak lekang zaman.

Motif-motif batik baru pun banyak bermunculan dan memperkaya khasanah dan industri batik nusantara. Saat ini kreasi motif batik tidak terbatas pada motif batik Kawung, motif batik parang, motif batik megamendung, dan berbagai motif batik sederhana lainnya.

Imbasnya, pertumbuhan jenis motif batik ini tentu saja berimplikasi pada kreatifitas para perajin batik yang harus terus diasah dan dipompa sehingga kekayaan seni batik nusantara dapat terus berkibar di dunia.

Para calon peserta yang ingin mengikuti gelaran Gelar Batik Nusantara 2019 ini pun dapat mulai melakukan registrasi di laman resmi penyelenggara.

Pada umumnya para pengunjung kegiatan Gelar Batik Nusantara meliputi berbagai kalangan seperti Penggemar/Kolektor Batik kain tradisional Indonesia, Pengusaha, Instansi Pemerintah dan Swasta, Kalangan Akademisi/Perguruan Tinggi, Pemerhati Batik dan Kerajinan Indonesia, dan masyarakat umum lainnya.

Pada tahun ini, motif Batang Hari Pauh yang berasal dari Jambi menjadi salah satu motif batik utama yang akan dihadirkan dan mewarnai kegiatan kali ini.


Sumber: gelarbatiknusantara2019.com


No comments:

Post a Comment

Loading...

Trending Now in Indonesia